Blewah, Melon, dan Semangka, Primadona saat Ramadan

Bulan Ramadan membawa keuntungan tersendiri bagi para  penjual buah di kompleks pasar buah di Jaten dan Pasar Palur. Tiga jenis buah yaitu blewah, semangka, dan melon paling banyak dicari konsumen sehingga harganya mengalami kenaikan.
Salah satu pedagang buah di Jaten, Wiyono, mengatakan ketiga jenis buah itu saat Ramadan ini mengalami kenaikan Rp 1.000 hingga Rp 4.000 per kilogram. “Saat ini harga semangka mencapai Rp 7.000 per kilogram, padahal sebelumnya hanya sekitar Rp 3.000 per kilogram,” katanya, Senin (23/7).
Sedangkan untuk melon menjadi Rp 9.000 per kilogram, yang sebelumnya Rp 7.500 per kilogram. Untuk blewah, mengalami kenaikan Rp 1.000 per kilogram, dari awalnya Rp 3.000 menjadi Rp 4.000 per kilogram. “Kenaikan harga tersebut sudah dari petani. Dan saya sebagai penjual hanya mengikuti saja agar tidak rugi,” ungkap Wiyono.
Wiyono mengaku, mendatangkan buah-buah tersebut dari daerah Ngawi, Jawa Timur karena kualitasnya lebih baik dibanding dari petani lokal. Terkadang juga buah dari Wonogiri, Klaten, dan Sukoharjo juga ditampung jika memang kualitasnya baik.
Setiap bulan Ramadan seperti sekarang, Wiyono mengaku, memiliki stok buah blewah, semangka, dan melon lebih banyak jika dibanding lainnya. Hal itu sebagai antisipasi karena memang ketiga buah itu banyak dicari konsumen. “Pada puasa hari kedua kemarin saja, buah-buah tersebut laku lebih dari 50 butir. Kebanyakan yang beli juga para pedagang es buah untuk berbuka puasa,” katanya.
Salah satu pedagang buah di Pasar Palur, Sarni, mengatakan di antara ketiga buah yang menjadi primadona di bulan Ramadan, blewah paling banyak dicari konsumen. “Blewah paling diminati karena stoknya melimpah dan harganya cukup terjangkau,” katanya.