Satu Bulan Berlangsung, Car Free Day Sukses

Bupati Karangayar, Rina Iriani mengatakan pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Karanganyar yang telah berjalan satu bulan ini, harus terus dibenahi. Meski antusiasme masyarakat terus meningkat, namun ia berharap pelaksanaan CFD bisa lebih baik lagi.

“Walaupun CFD Karanganyar sudah dapat dikatakan sukses. Kedepannya masih perlu berbagai pembenahan di berbagai sektor,” jelas Rina, Minggu (8/7). Menurut Rina, masih ada beberapa titik di CFD Karanganyar yang masih terlihat sepi, menjadi bahan evaluasi khusus. Ia menjelaskan bahwa beberapa titik yang sepi tersebut diakibatkan materi hiburan yang masih kurang. “Keramaian di CFD masih terlihat belum merata, seperti di daerah Popongan masih terlihat sepi. Untuk meramaikan daerah tersebut, akan kami beri sajian kesenian tradisional agar banyak masyarakat yang melihat,” tambah Rina.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut Rina akan segera berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar). Ia menyatakan agar kesenian yang akan ditampilkan di CFD nantinya adalah kesenian-kesenian yang berasal dari perwakilan sekolah-sekolah dan kecamatan yang ada di Karanganyar.

Terkait kebersihan dan ketertiban masyarakat, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti. “Hal ini karena tingkat kesadaran masyarakat sudah terbilang tinggi. Warga sudah mengerti apa yang harus dilakukan saat CFD,” tambah Rina.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar, Nunung Susanto menyatakan bahwa berbagai persiapan mereka lakukan setiap menjelang digelarnya CFD. “Kami menyiapkan berbagai rambu portable dan puluhan petugas setiap CFD berlangsung,” jelas Nunung.