Musik Lesung Tampil di Kereta Kencana

Karanganyar akan ikut ambil bagian dalam pergelaran Kereta Kencana World Music Festival (KKWMF) yang akan berlangsung pada 4-8 Juli mendatang di Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar. Pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam kesempatan tersebut akan menampilkan kesenian Lesung dan Kotekan.
Bupati Karanganyar, Rina Iriani mengatakan penyelenggaraan KKWMF di Karanganyar seperti gayung bersambut akan usahanya melestarikan salah satu kesenian musik lesung di Karanganyar.
Ia juga menyatakan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Karanganyar, Sumanto, terkait penyelenggaraan KKWMF di Karanganyar. “Saya sudah komunikasi dengan Pak Manto terkait acara tersebut. Ini benar-benar menjadi kesempatan baik bagi Karanganyar. Selain itu kami juga sedang memperbincangkan agar musik lesung nantinya dapat dijadikan ajang perbisnisan di Karanganyar,” jelas Rina, Selasa (3/7).
Menurutnya, pemilihan Karanganyar sebagai tempat penyelenggaraan KKWMF tersebut bukanlah sebagai tempat pelarian karena permasalahan tempat yang sebelumnya membelit penyelenggaraan acara tersebut. “Karanganyar dipilih menjadi tempat penyelenggaraan karena memang benar-benar dipilih. Acara tersebut rencananya memang akan dilaksanakan di Colomadu,” tambah Rina.
Ia juga menerangkan bahwa Kereta Kencana World Music Festival tersebut nantinya bukanlah milik Kabupaten Karanganyar. “Acara ini kebetulan saja diadakan di Karanganyar. Hanya saja nantinya acara tersebut merupakan milik warga se-Surakarta. Bisa saja ke depannya diadakan di kabupaten lain di Surakarta ini,” jelas Rina.