Antisipasi Wereng, 300 Hektare Sawah Disemprot

Petani yang ada di Desa Klodran, Baturan, dan Gedongan, Kecamatan Colomadu  melakukan antisipasi serangan hama wereng dan tikus. Mereka melakukan penyemprotan insektisida dan obat pembasmi tikus di areal sawah di Desa Klodran, Kamis (28/6).
Selain petani, penyemprotan hama tersebut juga diikuti oleh Camat Colomadu, Joko Budi Utomo, petugas dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) dan Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Karanganyar serta Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dinpertan TPH) Provinsi Jateng.
Menurut petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Dinpertan Jateng, Suryani, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman, dan dilakukan di tiga desa di Kecamatan Colomadu oleh petani setempat. “Ini dilakukan untuk mengantisipasi merebaknya hama wereng pada tanaman padi di areal sawah kami,” jelas salah seorang petani dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Colomadu,  Sukarjoko.
Sementara itu Kasi Perlindungan Tanaman Distanbunhut Karanganyar , Danik Sri Handayani menjelaskan bahwa penyemprotan tersebut sebagai tindak lanjut terkait adanya serangan hama wereng di Kecamatan Jaten. “Penyemprotan dilakukan agar petani nantinya tidak dirugikan karena hama wereng,” tambahnya.
Penyemprotan hama tersebut dilakukan pada areal sawah seluas 300 hektare. Penyemprotan dilakukan di daerah-daerah perbatasan dengan kabupaten lain. Seperti hama wereng di Jaten yang berasal dari Sukoharjo, Colomadu berbatasan dengan Boyolali.

Sumber : http://www.harianjoglosemar.com