Peserta Jamda Latihan Kesiagaan

Puluhan peserta Jambore Daerah (Jamda) XIII Jawa Tengah (Jateng) mengikuti pelatihan kesiagaan di Waduk Lalung, Karanganyar, Sabtu (23/6). Pelatihan tersebut diberikan oleh tim gabungan dari SAR Karanganyar dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang.
Para peserta Jamda XIII Jateng tersebut diberikan pelatihan kesiagaan yakni pengenalan teknik air. Mereka diharuskan menyeberangi waduk secara bergilir menggunakan perahu karet yang disediakan.
Selain pengenalan teknik air, peserta Jamda berada di darat diajarkan teknik penjelajahan. Mereka diberi tugas menyisir dan memetakan lokasi daratan yang ada di sekitar waduk lalung.
Koordinator SMC SAR Karanganyar, David Reka Lamuna, mengatakan materi tersebut penting untuk membekali pelajar melakukan tanggap bencana. “Kami ajak para peserta Jamda untuk naik perahu karet baik mesin ataupun diesel. Biar wawasan mereka juga akan bertambah,” jelas David, Sabtu (23/6).
Para peserta Jamda tersebut juga diberikan pelatihan tanggap bencana. Mereka diajarkan untuk mengevakuasi korban yang tenggelam dalam air. “Ini harus ditanamkan sedini mungkin. Ini agar mereka lebih cekatan jika terjadi bencana. Mereka jadi akan semakin paham risiko bencana,” tambahnya.
Peserta Jamda XIII Jateng yang ikut dalam pelatihan tersebut sebanyak 48 kontingen. Kontingen tersebut di antaranya adalah Pekalongan, Pati, Pemalang, Brebes, dan Tegal. David menjelaskan pihaknya melatih dengan melihat kondisi geografis asal peserta. “Jika mereka di pegunungan, kita latih pendakian lebih dalam. Yang rawan banjir kita tekankan di teknik air,” jelas David.