2.000 Peserta Ramaikan Jamda

Jambore Daerah (Jamda) XIII Jawa Tengah yang akan dilangsungkan pada Kamis- Selasa (21-26/6) nanti, akan diikuti perwakilan kontingen dari 35 kabupaten se-Jawa Tengah.  Total peserta Jamda XII Jawa Tengah tersebut bekisar sekitar 2.000 peserta ditambah dengan Pimpinan Kontingen (Pimkon).

Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Karanganyar, Samsi menjelaskan bahwa tiap kontingen nanti akan diikuti oleh 35 peserta. “Dari 35 kabupaten, akan mengirimkan 2 kontingen, satu kontingen putra dan satu kontingen putri,” jelas Samsi, Senin (18/6).

Pada Jamda XIII kali ini berbeda dengan Jamda-jamda yang dilakukan sebelumnya. Pada Jamda kali ini setiap kontingen akan didampingi satu Pimkon yang akan menggunakan rompi khusus dan juga dipinjami sepeda pelat merah dan disediakan home stay. “Pimkon nantinya dipilih dari unsur guru,” ungkap Samsi.

Dalam kesempatan Jamda nantinya juga akan diadakan bedah rumah di sekitar lokasi Bumi Perkemahan (Buper) Cakra Pahlawasari, Desa Delingan, Kecamatan Karanganyar Kota. “Bedah rumah ini merupakan program dari Kementerian Sosial. Ada sekitar 25 rumah yang akan dibedah. Karena dana belum cair, jadi baru akan dibedah 10 rumah dulu,” jelas Samsi.

Para majelis pembina (Mabi) juga akan melakukan Kemah Mabi pada Kamis – Jumat (21-22/6) di rumah warga. Menurut Samsi, Kemah Mabi tersebut akan diikuti oleh Mentari Sosial RI, Salim Segaf Al Jufri dan Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo. “Bupati dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) juga akan melakukan Kemah Mabi,” jelas Samsi.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Rina Iriani, berharap agar acara Jamda XIII Jawa Tengah berlangsung sukses dan lancar.