Dinhubkominfo Jateng Gelar Razia

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dinhubkominfo) Provinsi Jawa Tengah kembali mengadakan gerakan penegakan hukum (Gakum) perizinan angkutan di Kebakkramat, Karanganyar, Rabu (13/6). Kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan Pengadilan Negeri Karanganyar, Kejaksaan Negeri Karanganyar, Polres Karanganyar, dan Dishubkominfo Karanganyar.

Kasie Pengawasan Kendaraan Dinhubkominfo Provinsi Jawa Tengah, Sukiman, menyatakan dalam penegakan hukum tersebut juga dilakukan sidang di tempat.”Gerakan ini dilakukan serentak secara nasional selama lima hari, dari hari Selasa-Jumat (11-15/6-red),” jelas Sukiman. Ada 3 aspek yang akan dilihat dalam penegakan hukum tersebut, yaitu segi administratif, operasional, dan teknis. “Untuk ketidaklayakan kendaraan beroperasi, kami akan melakukan penundaan operasional kendaraan. Selain itu juga ada sanksi tilang dan peringatan,” tambah Sukiman.

Sementara itu, Kasie Pengawasan Operasional Dinhubkominfo Provinsi Jateng, Bagus, menyatakan operasi kali ini tidak menyasar semua jenis kendaraan, mereka hanya melakukan pemeriksaan jenis kendaraan yang mengangkut orang, baik yang masuk trayek dan non-trayek.  Pada tahun 2011 lalu, Dinhubkominfo Provinsi Jateng mencatat sekitar 6.853 unit kendaraan melakukan pelanggaran. Hanya 1.337 kendaraan yang tidak melakukan pelanggaran dari total 8.230 kendaraan yang diperiksa.