Giatkan Penyemprotan Hama

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan, Kehutanan (Dispertanbunhut) Kabupaten Karanganyar, Siti Maisyaroch, melakukan penyemprotan terhadap hawa wereng di Desa Papahan, Karanganyar, Selasa (12/6). Langkah ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan gerakan pengendalian organisme pengganggu tanaman padi oleh Bupati Karanganyar, Rina Iriani, Kamis (7/6).

“Setelah dicanangkan gerakan tersebut. Kita harus terus melanjutkannya dengan melakukan penyemprotan ke daerah-daerah yang berpotensi terkena hama wereng,” jelas Maisyaroch, Selasa (12/6). Ia mengatakan penyemprotan hama yang dilakukan melingkupi 60 hektare sawah dengan melibatkan 75 petani pemilik sawah tersebut. Pihak Dispertanhunbut juga memberikan pestisida sebanyak 20 liter secara gratis kepada petani.

“Penyemprotan ini juga dilakukan karena musim hujan yang mulai datang. Wereng senang berada di daerah basah, sehingga telur-telurnya juga mulai banyak jika musim hujan,” ungkap Maisyaroch. Maisyaroch menyatakan bahwa yang dilakukan pihaknya merupakan bentuk pencegahan. Menurutnya, ada tiga daerah yang berpotensi terserang hama wereng yakni Jaten, Kebakkramat, dan Tasikmadu. Hal tersebut disebabkan daerah tersebut berbatasan dengan daerah lain yang terserang hama wereng.