Suarakan Hemat BBM, Rina Bersepeda

Bupati Karanganyar, Rina Iriani, kembali menyuarakan penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM) . Minggu lalu Rina menggunakan angkutan umum saat hendak menuju kantornya untuk melakukan penghematan. Jumat (8/6), Rina menuju kantor Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar dengan menggunakan sepeda.
Didampingi oleh ajudan dan Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Dispertanbunhut) Karanganyar, Siti Maesaroh, mereka melaju ke arah selatan Taman Pancasila menuju alun-alun hingga memasuki kantor Setda Karanganyar. Aktivitas Rina menggunakan sepeda tersebut mendapat perhatian dari para warga yang melihat Rina.
Dalam kesempatan tersebut Rina kembali mengimbau kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk berhemat. “Berangkat ke kantor dengan angkutan umum saja atau naik sepeda onthel. Ini saya tidak hanya menghimbau, tapi juga memberikan contoh langsung. Bupati saja mau naik sepeda, dan angkot, masa yang lain tidak mau?,” jelas Rina.
Rina Iriani menyatakan penghematan tersebut dapat diwujudkan dengan mengubah kebiasaan sehari-hari dengan cara yang lebih hemat. “Jika dulu naik kendaraan pribadi atau kantor, sekarang naik angkutan umum saja. Kondisinya memang demikian. Anggaran Daerah memang masih bisa dipaksakan untuk menambah biaya operasional kendaraan,  tapi lebih baik jika dana tersebut dialokasikan untuk keperluan lainnya,” tambah Rina.  n Muhammad Ikhsan