SONDOKORO: Tasikmadu Unggulkan Asal-Usul Sondokoro di Festival Seni dan Budaya

Festival Seni dan Budaya Kecamatan se-Kabupaten Karanganyarsegera digelar di Kecamatan Tasikmadu, Kamis (28/6/2012). Cerita rakyat asal muasal Sondokoro menjadi salah satu potensi yang diunggulkan kecamatan tersebut.

“Kemungkinan cerita rakyat itu akan dipentaskan dalam bentuk drama, ujar Kepala Desa Ngijo, Suwarso, saat ditemui, baru-baru ini.

Sedangkan Desa Karangmojo, kecamatan setempat rencananya akan menampilkan kesenian rebana yang sudah lama digeluti warganya. Kepala Desa Karangmojo, Sri Hardiyanto, mengatakan masih akan berkoordinasi dengan guru, warga dan tokoh masyarakat untuk menampilkan karya seni dan budaya yang dikehendaki masyarakat.

Camat Tasikmadu, Kurniadi Maulato, mengatakan setiap desa wajib menampilkan karya seni dan budaya yang mencerminkan karakteristik desa tersebut. “Waktu persiapan memang terbatas. Tetapi, saya harapkan masing-masing desa siap,” ujarnya dihadapan kepala desa, perwakilan guru dan perangkat desa yang hadir dalam sosialisasi pelaksaan festival di kantor Kecamatan Tasikmadu belum lama ini.

Menurut Kurniadi, even yang digelar bergilir antarkecamatan itu digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk menggali potensi wisata yang ada di setiap desa. Anggaran dana yang dikucurkan untuk menyelenggarakan Festival Seni dan Budaya Rp5 juta. Penampilan dari sepuluh desa se-Kecamatan Tasikmadu akan dinilai oleh dewan juri yang berasal dari kecamatan. Juara I, II dan III rencananya akan mendapatkan piala atau penghargaan.