Car Free Day Karanganyar Mulai 3 Juni

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar  memastikan akan mengadakan Car Free Day (CFD) pada, Minggu (3/6). Acara yang akan dipusatkan di daerah Papahan tersebut akan dilaksanakan mulai pukul 05.00 – 09.00 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Karanganyar, Nunung Susanto mengatakan saat CFD nanti pada hari tersebut, Jalan Lawu hingga daerah depan rumah dinas Bupati akan bebas dari kendaraan bermotor.

Sementara Bupati Karanganyar, Rina Iriani, menyatakan bahwa pelaksanaan CFD di Karanganyar mendapat respons yang baik dari berbagai pihak. “CFD ini sudah ditunggu oleh masyarakat Karanganyar, selain itu pihak Dewan juga memberikan respons positif,” ungkap Rina, Jumat (1/6).

Rina berharap penyelenggaraan CFD di Karanganyar ini akan memberikan banyak dampak positif, termasuk mengurangi pemanasan global. “Selama 4 jam area CFD tidak dilewati kendaraan bermotor, sehingga area akan lebih sejuk dan segar. Dalam area tersebut masyarakat bisa main tenis meja, senam, dan olahraga apa saja,” tambah Rina.

Rina juga berharap CFD nanti bisa berjalan lancar dan teratur, sehingga usai CFD pun area CFD tidak menjadi kotor.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM, Sundoro menyatakan sudah ada 40 pedagang siap berpartisipasi dalam CFD nanti ini. Pedagang tersebut akan ditempatkan dalam tiga titik, yaitu Alun-alun, Depan Pengadilan Negeri dan di Taman Pancasila. Pedagang yang telah mendapatkan tanda pengenal khusus dari Disperindagkop. “ Nantinya setelah pukul 09.00 WIB, sudah tidak ada lagi pedagang yang berjualan. Pedagang juga tidak diperbolehkan memakai tenda,” ungkapnya.