CFD KARANGANYAR: Ribuan Pesenam Bakal Semarakkan CFD

Ribuan pesenam bakal memeriahkan launching car free day (CFD) Karanganyar, Minggu (3/6/2012). Para pesenam tersebut berada di lima lokasi di area CFD seperti perempatan Papahan, depan Hotel Tamansari, depan Taman Pancasila dan pertigaan Jembatan Siwaluh.

Pesenam itu berasal dari para PNS di lingkungan Pemkab Karanganyar dan masyarakat umum. Mereka akan melakukan senam secara serentak di lima titik lokasi setelah kegiatan CFD diresmikan oleh Bupati Karanganyar.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar, Nunung Susanto, mengatakan pihaknya mengaku siap melaksanaan kegiatan CFD. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Satlantas Polres Karanganyar.

“Persiapan sudah matang mulai dari pengalihan arus lalu lintas hingga penataan pedagang makanan,” katanya, Kamis (31/5/2012).

Nunung menjelaskan pengalihan arus lalu lintas selama CFD seperti perencanaan semula. Arus lalu lintas dari arah Jaten akan dialihkan menuju arah utara atau selatan. Kendaraan besar seperti truk dan bus diminta menuju arah Pabrik Gula (PG) Tasikmadu. Sementara arus lalu lintas kendaraan bermotor pribadi dialihkan menuju jalan-jalan alternatif.

“Di setiap titik lokasi akan disiagakan petugas Dishubkominfo dan polisi lalu lintas untuk mengatur arus lalu lintas selama pelaksanaan CFD,” jelasnya.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Disperindagkop dan UMKM Karanganyar, Titis S Jawoto, menambahkan pedagang asongan diperbolehkan berjualan di area CFD dengan syarat dilarang membawa gerobak. Para pedagang asongan diminta membawa peralatan berjualan dengan sistem bongkar pasang.