CFD KARANGANYAR, Tiga Kantong Parkir Disiapkan

Tiga kantong parkir disiapkan selama pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Jl Raya Lawu, Karanganyar yang direncanakan pada Minggu (3/6/2012).

Ketiga titik kantung parkir tersebut masing-masing di depan SD Papahan, depan Hotel Tamansari dan di sekitar warung makan Mbok Siwaluh.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar, Nunung Susanto melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional, Joko Mulyono mengatakan pihaknya tengah melakukan survei untuk menginventarisir segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan CFD.

“Kami melakukan survei pelaksanaan CFD termasuk titik parkir, penataan PKL dan pengalihan arus lalu lintas,” katanya  belum lama ini.

Kegiatan CFD Karanganyar dilaksanakan di Jl Raya Lawu mulai dari perempatan Papahan hingga perempatan warung makan Mbok Siwaluh. Tiga kantung parkir itu berada di sisi utara jalan sehingga penataan kendaraan bermotor dapat lebih teratur. “Pelaksanaan CFD berlangsung selama empat jam mulai pukul 05.00 WIB – 09.00 WIB,” ujar dia.

Mengenai pengalihan arus lalu lintas, Joko menjelaskan arus lalu lintas dari arah Jaten akan dialihkan menuju arah utara atau selatan. Kendaraan besar seperti truk dan bus diminta menuju arah Pabrik Gula (PG) Tasikmadu. Sementara arus lalu lintas kendaraan bermotor pribadi dialihkan menuju jalan-jalan alternatif. “Begitu juga arus lalu lintas dari arah Tawangmangu akan dialihkan menuju Ring Road dan Lalung,” ujar dia.

Sementara Kepala Seksi Ketentraman Masyarakat Satpol PP Karanganyar, Bina Febrianto menjelaskan ada dua metode penataan PKL selama pelaksanaan CFD yakni terpusat dan menyebar. Penataan PKL terpusat dilakukan di Alun-Alun sementara metode menyebar dilakukan di sepanjang jalan kegiatan CFD.