Tahun Ini, 121 Warga Ikuti Transmigrasi

Sebanyak 121 Kepala Keluarga (KK) Dusun Ngledok, Karangpandan, akan transmigrasi ke Kalimantan Timur pada tahun ini. Mereka akan disebar di beberapa kecamatan, salah satunya di kecamatan Tarakan.
Bupati Karanganyar, Rina Iriani mengatakan transmigrasi bagi Warga Dusun Ngledok karena dusun yang mereka tempati saat ini tersebut merupakan daerah rawan longsor. Sehingga untuk menghindarkan mereka dari ancaman tanah longsor yang bisa membahayakan keselamatan warga, upaya transmigrasi ini harus mereka lakukan.
Rina juga mengatakan sebenarnya sempat ragu untuk memberangkatkan warganya menuju Kalimantan. “Saya sebenarnya takut mengirim transmigran ke Kalimantan. Takutnya jika kesejahteraan mereka tidak terjaga dan warga menganggur di sana,” jelas Rina, Senin (14/5).
Rina menyatakan bahwa para transmigran tersebut akan diberikan lahan yang bisa mereka kelola. Masing-masing warga akan mendapatkan lahan seluas dua hektare. Mereka juga akan mendapatkan pelatihan-pelatihan untuk mengelola lahan yang mereka dapatkan. Selain itu untuk biaya sekolah dan kesehatan mereka juga akan digratiskan.
“Dengan adanya pelatihan dan beberapa fasilitas yang disediakan pemerintah di sana, saya berharap bahwa warga Ngledok bisa sejahtera di sana,” ungkap Rina.