Pelayanan e-KTP hingga Dini Hari

Banyaknya warga yang mengantre untuk bisa melakukan rekam data e-KTP membuat Kecamatan Kebakkramat melakukan rekam data e-KTP hingga dini hari. Rekam data tersebut dilakukan pihak kecamatan hingga pukul 00.30 WIB, Kamis (10/5). Camat Kebakkramat, Sri Suboko mengatakan bahwa pihak kecamatan akan melayani semua warga yang datang untuk melakukan rekam data e-KTP.
Pihaknya sebenarnya telah menjadwalkan bahwa pelaksanaan e-KTP dilakukan mulai dari pukul 08.00-22.00 WIB. Namun karena masih banyaknya warga yang mengantre, maka proses pendataan diteruskan hingga dini hari.“ Kami tak membatasi jam pelayanan e-KTP. Dari Rabu (9/5) hingga Kamis (10/5) dini hari kami melayani sekitar 538 warga yang datang. Biasanya hanya sekitar 400-an warga per hari. Tapi hari kemarin antusias untuk melaksanakan e-KTP. Ini berkat bantuan kepala-kepala dusun,” tambah Sri.
Sri Suboko mengatakan sampai saat ini sudah ada 10.000 warga dari total seluruh warga sekitar 50.200-an warga yang melakukan e-KTP. Pihaknya berharap dari 13.000 undangan wajib e-KTP yang telah mereka sebarkan bisa direspons warganya dengan tepat waktu. Meski ia mengakui tak semua warganya bisa memenuhi undangan tersebut sesuai jadwal.
Sri juga menjelaskan warganya belum memenuhi undangan tersebut dikarenakan beberapa faktor. Di antaranya karena ada yang masih dalam perantauan, sudah pindah tempat tinggal, ganda identitas, dan juga karena ada yang sudah jompo sehingga tidak bisa keluar dari rumah.
Kecamatan ini juga belum bisa memastikan kapan e-KTP di Kebakkaramat akan selesai. “Alat yang kami miliki hanya dua set. Kalau bisa kami akan menyelesaikan ini pada September nanti. Tetapi target yang kami rencanakan itu bisa saja berubah. Yang jelas lebih cepat itu akan lebih baik,”.