JALAN RUSAK: DPU Perbaiki Jalan Dagen-Tasikmadu Tahun Ini

Perbaikan Jl Mojo atau jalan alternatif yang menghubungkan Desa Dagen,Kecamatan Jaten dengan wilayah Kecamatan Tasikmadu masuk dalam perencanaan pembangunan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Karanganyar tahun 2012  ini.

Plot anggaran dana perbaikan jalan sepanjang dua kilometer itu sekitar Rp1,25 miliar.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan, Darmanto mewakili Kepala DPU Karangayar Priharyanto mengatakan proses lelang proyek ini belum dimulai. “Kemungkinan akhir Mei baru dilelang. Kami sedang mempersiapkan dokumen administrasinya.

Menanggapi kondisi jalan yang rusak parah akibat sering dilalui truk bermuatan berat melebihi batas tonase, Darmanto mengatakan Pemkab Karanganyar tidak bisa menaikkan kelas jalan karena keterbatasan dana APBD. “Kalau menaikkan kelas jalan jelas tidak mungkin, prosedurnya rumit karena harus membebaskan lahan untuk pelebaran jalan. Kalau meningkatkan mutu jalan masih bisa tetapi itu juga disesuaikan dengan kemampuan APBD Karanganyar,” imbuh dia.

Ia menguraikan besaran dana untuk meningkatkan mutu jalan itu biayanya tidak sedikit. Perbaikan jalan kabupaten (kelas IIIC) dengan batas tonase maksimal 8 ton sepanjang sekitar 2 kilometer menghabiskan dana Rp1,25 miliar. Sedangkan untuk menaikkan mutu jalan, dana sekitar Rp1 miliar hanya cukup untuk memperbaiki jalan sepanjang 200 meter.

“Kalau mutu jalan ditingkatkan batas tonasenya naik menjadi 20 ton. Tapi kendaraan yang lewat di jalan itu kan muatannya hingga 30 ton. Anggaran dana perbaikan jalan juga diplot untuk beberapa wilayah, tidak ada terpusat di satu tempat. Kalau di sana dinaikkan mutu jalannya kasihan jalan lain tidak bisa diperbaiki,” ungkap Darmanto.

Untuk meningkatkan mutu jalan dibutuhkan ketebalan lapis pondasi bawah (LPH) sekitar 20-30 cm, sedangkan lapis atas pondasi 30-40 sentimeter . Tebal aspal minimal 4 sentimeter , sedangkan lapisan aspal buton (lataston) minimal 4 sentimeter .

Menurutnya, saat ini DPU Karanganyar juga tengah mengusulkan kepada Dinas Pekerjaan Umum tingkat Provinsi untuk menaikkan kelas jalan kabupaten menjadi jalan provinsi. Ruas jalan yang diusulkan di antaranya Jl Colomadu-Banyuanyar dan Jl Grompol-Jambangan.
DPU Karanganyar sudah mengirimkan surat kepada DPU Provinsi Jawa Tengah, tetapi hingga saat ini belum ada konfirmasi ataupun realisasi dari pihak terkait.