185 Penderita Cacat Berat Terima Bantuan

Sebanyak 185 penderita cacat berat di Kabupaten Karanganyar mendapatkan bantuan asistensi sosial orang dengan kecacatan berat (Asopdekabe). Bantuan diberikan kepada para penyandang cacat dalam kurun waktu empat bulan sekali, dengan nominal Rp 300.000/ bulannya.

Ditemui di sela-sela pemberian bantuan, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Karanganyar, Sumarno menjelaskan, bantuan ini diberikan kepada mereka yang menderita cacat berat. “Klasifikasinya adalah mereka yang benar-benar cacat hingga tidak dapat bekerja mencari nafkah (lumpuh-red),” katanya di sela-sela pemberian bantuan, Senin (7/5).

Bantuan ini disalurkan dari Kementerian Sosial (Kemensos), dan sudah berlangsung sejak setahun silam. Untuk setiap penyandang cacat akan menerima bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 300.00 setiap bulannya. “Bantuan ini disalurkan langsung melalui kantor pos, dan diberikan empat bulan sekali dengan total Rp 1,2 juta,” katanya.

Penyandang cacat berat yang menerima bantuan tidak hanya mereka yang sudah tua, melainkan mulai dari balita hingga tua. Semula Dinsosnakertrans mengusulkan sebanyak 420 warganya yang menderita cacat berat. Tetapi setelah diseleksi ternyata yang lolos hanya 121 warga. Kemudian ditambah sebanyak 64 penderita lagi, sehingga total penderita cacat berat yang mendapatkan bantuan sebanyak 185 orang.