Serasa seperti Ikut Kontes Miss Universe

Senyuman terus tersungging dari bibir Dewi Kristianti (31). Mengenakan kebaya kuning gading lengkap dengan sanggul dan make-up tebal, guru di PAUD Celep itu dengan luwes berlenggak-lenggok di atas cat walk tanpa karpet di Pendapa Balai Desa Celep, Kedawung, Kamis (19/4).

Dewi yang mendapat nomor undian 30, memang tampak berusaha all out di ajang yang diikuti oleh 47 peserta itu. Ia mengakui meski hanya digelar di level desa, baginya sebuah prestise tersendiri bisa tampil di ajang itu. Karena itulah, ia mengaku tak masalah meski harus antre make-up hampir dua jam lebih.  “Ya bangga lah mas. Rasanya seperti ikut kontes Miss Universe cuma bedanya di sini ndak pakai wawancara. Sebab semua yang tampil ini dipilih lewat seleksi di tingkat RT. Kalau saya ditunjuk mewakili sekolah saya. Persiapan saya saja dua hari lho mas,” ujarnya sumringah seusai tampil.

Di antara puluhan peserta, Dewi juga terlihat agak menonjol. Maklum, mayoritas peserta yang lain memang hanya ibu rumah tangga dengan usia yang tak lagi muda. Tak heran, dandanan sedikit norak plus gaya agak kaku tak jarang mengundang senyum dari hadirin.

Kades Celep Suharno mengatakan kontes berbusana jawa yang diberi label Kontes Ayu-Ayuan itu sengaja digelar untuk menyongsong Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Selain kontes berbusana, panitia juga menggelar kontes pasrah temanten yang diikuti delapan pasangan sesepuh pria. Meski hanya tingkat RT, pemenang dari kontes itu akan mendapat hadiah serta piala DPRD Sragen.

Anggota DPRD dari Celep, Tohar Ahmadi yang turut memprakarsai kegiatan itu mengungkapkan selain memeriahkan Hari Kartini, ajang tersebut juga digelar untuk melestarikan budaya jawa yang selama ini sedikit mulai terlupakan di kalangan generasi muda.

“Ini juga sebagai wujud kepedulian DPRD terhadap nilai budaya jawa yang adi luhung. Apalagi realitanya budaya jawa kan masih sangat dibutuhkan dalam setiap acara-acara di masyarakat. Kalau tidak kita-kita sendiri siapa lagi yang akan nguri-uri,” ujarnya.