Enam Kecamatan Rawan Demam Berdarah

Enam Kecamatan di Kabupaten Karanganyar masuk dalam zona rawan Deman Berdarah (DB). Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mengatakan enam kecamatan tersebut adalah Kecamatan Gondangrejo, Colomadu, Jaten, Kebakkramat, Tasikmadu dan Karanganyar Kota.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) DKK, Fathul Munir mengatakan saat ini Dinasnya sedang fokus memperhatikan daerah-daerah yang rawan terhadap DB. Pasalnya Kementerian Kesehatan memperkirakan pada tahun 2012 ini akan terjadi ledakan kasus DB karena perubahan cuaca yang ekstrem dan siklus lima tahunan DB.

Fathul mengatakan penekanan pengawasan DB di enam kecamatan tersebut dilakukan karena keenam daerah tersebut memang merupakan daerah endemis DB.
“Enam kecamatan tersebut sejak dulu memang endemis DB, selain itu memasuki di musim pancaroba ancaman DB lebih tinggi. Januari hingga Maret kali ini sudah ada 16 kasus DB, tapi Alhamdulillah hingga detik ini belum ada yang meninggal, kalau bisa janganlah,” pintanya.

Dan jika dihitung sebagai siklus lima tahunan sekali, ledakan DB yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2012 ini. Apalagi dengan kondisi cuaca ekstrem yang kadang hujan dan kadang panas membuat pertumbuhan jentik nyamuk aedesaegepty semakin cepat. Munir mengatakan untuk mengurangi penyebaran BD yang perlu dilakukan masyarakat adalah dengan perubahan pola gaya hidup dan selalu menjaga kebersihan serta memantau jentik di seluruh penjuru rumah yang menampung air.
Ia menambahkan penyemprotan atau fogging bukanlah solusi terbaik,karena semakin sering dilakukan penyemprotan dengan obat insektisida, maka nyamuk akan resistansi nyamuk. “Keturunan nyamuk yang tidak mati sewaktu penyemprotan akan melahirkan generasi yang kebal terhadap obat insektisida,” .