PDAM KARANGANYAR: Antisipasi Kemarau, PDAM Bersihkan Sumur

PDAM Karanganyar akan melakukan pembersihan sumur terutama di wilayah yang rawan kekeringan. Hal ini untuk mengantisipasi datangnya musim kemarau.

Direktur PDAM Karanganyar Aris Wuryanto mengatakan pembersihan akan dilakukan pada 14 sumur di Karanganyar terutama di wilayah rawan kekeringan seperti Colomadu, Gondangrejo dan Palur. Setelah dibersihkan maka debit air bakal stabil untuk memasok kebutuhan air ke pemukiman penduduk. “Pembersihan sumur akan dilakukan bulan depan untuk mengantisipasi kekeringan,” ujarnya saat ditemui Espos, Sabtu (31/3/2012).

Selain itu, pihaknya akan telah menyiapkan pompa sumur cadangan yang digunakan saat kondisi darurat. Pompa ini juga akan disiagakan di beberapa sumur di wilayah rawan kekeringan. “Tingkat efisien jika membersihkan sumur akan naik mencapai 2-3 persen,” paparnya.

Biaya operasional untuk membersihkan sumur senilai Rp5 juta /sumur. Artinya, biaya operasional pembersihan seluruh sumur senilai Rp 70 juta. Setiap sumur dilakukan pembersihan selama sepekan. Selain memasok kebutuhan air ke pemukiman penduduk, sumur itu juga memasok air di lahan persawahan. Setiap musim kemarau, pihaknya selalu membersihkan sumur agar pasokan kebutuhan air lancar.