SERANGGA BERBAHAYA: Waduh! Tomcat Serang Warga Tasikmadu

Warga Karanganyar dan sekitarnya diminta waspada.Pasalnya serangga berbahaya tomcat kini mulai ditemukan di Kecamatan Tasikmadu, Karangnyar.

Bahkan, salah seorang warga Desa Ngijo Kulon yang tinggal di perumahan Griya Karya Sejahtera, Ny Ningtyas telah menjadi korban serangga beracun tersebut. Ibu rumah tangga tersebut mengalami iritasi kulit di bagian pinggang disertai gatal-gatal dan kemudian melepuh.
“Tahu-tahu, kulit saya seperti keluar cairan dan melepuh. Rasanya gatal sekali.

Pantauan di lokasi, perumahan Griya Karya Sejahtera tersebut berdiri di lahan persawahan yang telah dikeringkan. Meski demikian, area persawahan dengan hamparan tanaman padi di sekelilingnya masih tumbuh lebat.

Akibatnya, serangga tomcat banyak ditemukan warga dan berkeliaran di permukiman mereka sempat memotret jenis serangga tomcat tersebut berkeliaran di kebun belakang perumahan warga yang berbatasan dengan area persawahan itu.

“Sejauh ini, warga memang tak pernah memperhatikannya. Kami justru baru tahu bahwa itu jenis tomcat setelah melihat berita TV,” kata Giyanto, warga setempat yang juga pernah menjadi korban racun serangga tomcat.

Atas kejadian itulah, kini warga mulai bersikap waspada menghadapi serangan serangga tomcat. Terutama saat malam hari ketika warga istirahat. Sebab, serangan tomcat diduga dilakukan malam hari ketika warga tengah istirahat.

“Dari sejumlah kasus yang ada, rata-rata korbannya baru menyadari setelah bangun tidur. Warga tiba-tiba merasakan perih dan gatal-gatal ketika mandi,” papar Giyanto