PDAM Ekspansi Waduk Gajah Mungkur

Guna memenuhi permintaan pelanggan air di Palur Gondangrejo dan Kebakkramat, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lawu berniat menggunakan air dari Waduk Gajah Mungkur Wonogiri sebagai bahan baku air bersih.

Rencana tersebut akan dimulai pada tahun 2014. Pasalnya kualitas air waduk saat ini dirasa masih bagus dan mempunyai kandungan koloid yang rendah. “Karena kadar koloidnya rendah, sehingga jika digunakan sebagai bahan baku air bersih siap minum masih sangat memungkinkan,” ujar Aris Wuryanto, Direktur PDAM Tirta Lawu, Rabu (14/3).

Langkah penggunaan air waduk Gajah Mungkur itu dilakukan karena pihaknya masih kesulitan menggunakan bahan baku air dari sekitar Gunung Lawu, padahal wilayah Ngargoyo mempunyai potensi sumber air yang lumayan cukup besar. “Potensi airnya memang besar, tapi warga menolak, jadi kita mencari alternatif lainnya. Padahal itu semua murni untuk melayani warga Karanganyar ,” tandas dia.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 38.000 pelanggan yang menggunakan jasa PDAM Karanganyar. Mereka tersebar di wilayah Karangpandan, Karanganyar Kota dan bahkan wilayah Sukoharjo. Aris mengatakan sejauh ini pihaknya tidak berani menargetkan adanya penambahan pelanggan karena mereka masih kesulitan menjadi sumber mata air. “Paling setahunnya hanya menambah sekitar 150 pelanggan baru sejak 2006 silam,” kata Aris.