Polres Latihan Pengendali Massa

Sedikitnya 50 personel dari satuan Pengendali Massa (Dalmas) Sabhara Polres Karanganyar melakukan latihan antisipasi demonstrasi di Halaman Mapolres, Selasa (6/3) pagi. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih keahlian personel, jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengendalikan massa yang beringas. Rencananya, latihan Dalmas ini bakal digelar rutin dua kali dalam satu minggu, yakni Selasa dan Jumat.

Kapolres Karanganyar AKBP Nazirwan Adjie Wibowo melalui Kasat Sabhara AKP Aris Ribuana menjelaskan, pelatihan ini selain untuk mengasah kemampuan para personel juga untuk menyiagakan pasukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Memang saat ini kondisi di Karanganyar masih kondusif, tetapi kita tetap siaga, untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (6/3).

Disinggung mengenai tujuan pelatihan ini apakah untuk mengantisipasi demo kenaikan BBM yang saat ini tengah marak, Aris tidak menampik. “Ya nanti juga untuk mengantisipasi demo-demo,” paparnya. Pelatihan ini melibatkan sedikitnya dua peleton Dalmas Sabhara atau sekitar

Pelatihan yang diberikan kepada para personel meliputi, pelatihan Dalmas awal yakni pengendalian massa yang hanya menggunakan kemampuan tangan. Nantinya pelatihan akan ditingkatkan ke Dalmas lanjut yakni menggunakan tameng dan tongkat. Namun pihaknya masih kekurangan sejumlah kelengkapan dalam pengendalian massa seperti tidak adanya kendaraan taktis pengurai massa APC dan AWC.

“Kalau untuk kelengkapan lainnya semuanya sudah sesuai standar, tetapi kami belum memiliki dua mobil APC dan AWC. Kalau memang nanti membutuhkan, kami minta bantuan yang ada di Solo,” tandasnya.