e-KTP Dimulai Pertengahan Maret

Sosialisasi pembuatan KTP elektronik (e-KTP) di Kabupaten Karanganyar hampir selesai.  Dari 17 Kecamatan di Karanganyar, tinggal empat Kecamatan yang belum mendapatkan giliran sosialisasi. Keempat Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Gondangrejo, Colomadu, Tasikmadu serta Kebakkramat.
Sucahyo, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Karanganyar sendiri berharap pelaksanaan e-KTP dimulai pertengahan Maret mendatang. “Untuk sosialisasi e-KTP sudah kita lakukan secara berurutan, dan tinggal kurang empat kecamatan saja yang belum,” ucap Sucahyo.
Mengenai peralatan, Sucahyo mengatakan peralatan sudah datang di Kantor Pos pada Sabtu (25/2), dan sudah didistribusikan ke 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Selasa (27/2). “ Setiap kecamatan mendapatkan dua peralatan e-KTP lengkap, jadi totalnya ada 34 peralatan e-KTP yang tiba di Karanganyar kemarin,” jelas dia.
Peralatan pembuatan KTP elektronik itu tersebut terdiri dari sebuah CPU Central Processor Unit, UPS Uninterruptible power supply, modem, alat perekam sidik jari, scan retina mata, kamera foto dan alat pemindai tanda tangan. “Semuanya sudah lengkap, dan sudah dikirim ke masing-masing kecamatan oleh Konsorsium,” tandas dia.
Namun sebelum pelaksanaan program e-KTP dilaksanakan mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terlebih dahulu akan menggelar Pembinaan Teknis (Bintek) terhadap para operator di setiap kecamatan. Dengan digelar Bintek diharapkan petugas yang akan melakukan perekaman identitas tidak canggung dan bisa bekerja sesuai yang diinginkan.
Sucahyo mengatakan begitu sosialisasi e-KTP selesai Rabu (29/2) hari ini. Ia menargetkan program e-KTP ini bisa dimulai pertengahan Maret. “Jika sosialisasi di empat kecamatan itu selesai, Maka tinggal fokus Bintek tenaga operasional peralatan,” tandas dia.