Survei Internal, Demokrat Jaring Enam Nama

Dalam hasil survei internal yang dilakukan, Partai Demokrat telah mengantongi enam nama calon bupati dan calon wakil bupati yang menjadi bidikan mereka untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2013. Rinto Subekti Ketua DPC Partai Demokrat mengatakan enam nama tersebut bukan hanya dari intern partai, namun ada juga yang berasal dari luar partai.

Namun Rinto masih enggan untuk membeberkan enam nama yang tersebut. “Nanti saja kalau sudah pasti, ini kan masih survei dari internal partai,” kilah dia. Rinto mengungkapkan kendati terjaring enam nama calon dari berbagai unsur, pihaknya menegaskan jika partainya akan mengutamakan kader partai sendiri. Namun juga tidak menutup kemungkinan untuk kader di luar kader partai bisa maju lewat Partai Demokrat.
“Setelah survei internal ini, akan kita lanjutkan dengan survei independen untuk mengusung jago Pilkada 2013 mendatang, jadi ini semua belum fix,” tandasnya. Mengenai adanya pernyataan 17 Pengurus Anak Cabang (PAC) di Karanganyar yang mengajukan Direktur PDAM Karanganyar, Aris Wuryanto maju sebagai bakal calon Bupati dalam pilkada 2013 mendatang, menurutnya hal tersebut sah-sah saja. Mengingat selama ini, Aris juga merupakan kader partai yang menjabat sebagai Dewan Pembina Demokrat Karanganyar dan PAC juga merupakan bagian dari struktur partai. “Silahkan saja, itu tidak masalah, asalkan masih sesuai dengan aturan di dalam partai tidak masalah,” terangnya.
Sebelumnya, dari 17 PAC Partai Demokrat di Karanganyar sudah menyatakan mengusung Aris Wuryanto sebagai calon Bupati Karanganyar pada Pilkada 2013 mendatang. Ketua PAC Jumapolo, Leo Edi Kusumo beberapa waktu lalu mengatakan sebanyak 17 PAC sudah menyatakan secara tertulis akan mengusung Aris untuk maju pada Pilkada 2013 mendatang.