Dewan Pesimis E-KTP Selesai Tepat Waktu

Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karanganyar mengaku pesimis pelaksanaan program Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Karanganyar berjalan lancar. Pasalnya berbagai masalah yang terjadi pra pelaksanaan e-KTP ini dikhawatirkan bakal mengganggu pelaksanaan e-KTP.

Sekretaris Komisi I DPRD Karanganyar, Lilik Pambangun mengatakan pelaksanaan e-KTP itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mengingat pelaksanaannya bakal melibatkan seluruh instansi dan masyarakat terutama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). “Laporan terakhir, semua sudah dipersiapkan dan tinggal menunggu alat. Benar atau tidaknya laporan tersebut akan segera kita cek,” ujarnya saat dihubungi wartawan melalu telepon, Minggu (12/2).

Dewan juga berencana akan memanggil pihak Dispendukcapil terkait persiapan e-KTP ini. Pemanggilan tersebut untuk memperjelas kembali informasi adanya pendistribusian alat yang akan mereka gunakan. Pasalnya jika molor kembali maka pelaksanaannya baru bisa dilakukan awal Bulan April. “Kalau April belum datang, jujur kita pesimis e-KTP bisa berjalan mulus,” imbuhnya.

Persiapan

Sementara Anggota Komis I, Warsini menambahkan jika nantinya peralatan datang, mereka tidak bisa segera melaksanakan e-KTP. Pasalnya mereka masih membutuhkann waktu sekitar setengah bulan guna mengecek peralatan serta persiapan Sumber Daya Manusia guna belajar peralatan tersebut. “Itu belum nanti kendala alat yang rusak dan lain-lain. Pasti ada kelemahan dan kendala tehnis di lapangan nantinya,” tutur dia.

Selain peralatan dan kendala SDM, masih ada satu masalah lagi yakni mengenai anggaran e-KTP yang masih kurang. Namun dirinya berjanji permasalahan anggaran bisa disusulkan melalui APBD Perubahan 2012. “Nanti akan kita turunkan sesuai permintaan hingga mencapai Rp 3,9 miliar namun disusul dari APBD Perubahan 2012,” katanya.