e-KTP di Karanganyar Terancam Molor

Karena belum tersedianya peralatan, pelaksanaan program Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Karanganyar dipastikan gagal dimulai pada bulan Februari. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Karanganyar, Sucahyo mengatakan peralatan paling cepat datang pada pertengahan Bulan Februari nanti.
“Keputusan di Rapat bersama Kepala Dispendukcapil se-Jawa Tengah, alat baru bisa didatangkan pada pertengahan Februari nanti,” ucap dia. Dengan kondisi ini, ia memastikan pelaksanaan e-KTP yang rencananya dijadwalkan awal bulan Februari 2012 terancam molor.“ Jika alatnya datang pun program e-KTP tidak bisa langsung dilaksanakan karena kita harus melakukan bimbingan teknis terlebih dahulu,” jelas dia.
Menurutnya pelaksanaan e-KTP di Karanganyar paling cepat bisa dimulai pada pertengahan Bulan Maret bulan depan. Karena begitu peralatan tiba mereka akan melakukan bimbingan kepada sejumlah operator selama dua minggu. Bimbingan kepada operator ini diperlukan agar pelayanan e-KTP berjalan lancar.
Kendati pelaksanaan jadwal e-KTP kembali mundur, namun pihaknya memastikan pelaksanaan e- KTP di Karanganyar akan selesai sesuai dengan target, yaitu sekitar enam hingga delapan bulan. “Intinya jika peralatan datang sebelum bulan April, target selesai Desember 2012 pasti bisa kita penuhi,” imbuh dia.
Ia mengatakan meski molor, namun jatah peralatan e-KTP tidak akan berubah, yakni sebanyak dua buah unit peralatan di tiap kecamatan. Namun ia tidak mengetahui apakah peralatan yang akan mereka dapatkan baru atau peralatan yang sudah pernah digunakan untuk pembuatan e-KTP di tempat lain. “Masalah itu kita belum tahu, tapi semoga saja peralatan e-KTP yang didatangkan semuanya merupakan alat baru,” tegasnya.