Bupati Belum Umumkan Nama Sekda Baru

Kendati jabatan sekretaris daerah (Sekda) Karanganyar definitif sudah turun dan Gubernur sudah menetapkan siapa yang terpilih menjadi Sekda menggantikan posisi Kastono DS yang pensiun, namun Bupati Karanganyar belum mau angkat bicara.
“Iya, suratnya dari Gubernur sudah turun pekan lalu. Tapi maaf belum saya buka, jadi belum tahu siapa penggantinya,” ujar Rina Iriani Ratnaningsih, Bupati Karanganyar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu (21/1) kemarin. Rina menambahkan pelantikan Sekda tersebut rencananya akan dibarengkan dengan beberapa jabatan eselon III dan IV di Karanganyar yang kosong, yang kemungkinan akan digelar akhir bulan ini
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karanganyar, Suwarno mencatat ada sedikitnya 44 kursi jabatan struktural eselon III, IV dan V di Lingkungan Pemkab Karanganyar yang kosong sejak tiga bulan lalu. Kekosongan tersebut disebabkan karena adanya pegawai yang tengah memasuki usia pensiun dan mutasi jabatan. “Kekosongan itu normal karena kebanyakan telah pensiun dan selebihnya karena ada rutinitas mutasi jabatan,” ucap dia beberapa waktu lalu.
Perlu diketahui jabatan Sekda Karanganyar ini kosong sejak ditinggalkan Kastono DS per 1 Agustus 2011 lalu dan kemudian digantikan oleh Plt Sekda yakni Sri Suranto yang kebetulan juga merangkap sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar.
Sebelumnya Pemkab Karanganyar tengah mengirimkan 10 nama pejabat yang memenuhi syarat untuk kemudian diajukan kepada Gubernur sebagai pengganti Sekda. Dari kesepuluh nama yang lolos ke tahap selanjutnya yakni Samsi (Sekretaris DPDR), Utomosidhi (Staf Ahli) dan Indrihastuti (Asisten I). Namun hingga saat ini belum diketahui siapa yang akan menduduki jabatan Sekda tersebut.