Pemohon KTP pada malam hari membludak

Baru diluncurkan pada akhir 2011 lalu, pelayanan KTP pada malam hari yang dilakukan dinas kependudukan dan catatn sipil (disdukcapil) karanganyar dibanjiri pemohon. Para pendaftar KTP 80 -100 orang per hari. Dulu, layanan tersebut akan dilaksanakan sitiap malm di depan rumah dinas bupati karanganyar. Karena tenaga yang melayani minim program itu hanya digelar sepekan sekali pada kamis sore pukul 17.00-22.30 wib.

Untuk lokasinya juga kami pindah, bukan didepan rumah dinas lagi tetapi dihalaman kantor kecamatan karanganyar, ujar keapala disdukcapil karanganyar saat dihubungiSaat awal awal program itu diluncurkan peminatnya masih sedikit. Setelah berjalan beberapa bulan, antusiasme masyarakat tinggi sehingga lokasi awal tidak memungkinkan untuk pelayanan KTP. Selain itu disana juga menggangu lalu lintas kendaraan. Karena itu, lokasinya dipindah agak menjorok kedalam.Mayoritas para pemohon KTP itu, berasal dari berbagai kecamatan. Mereka mendaftar secara berombongan menggunakan truk, angkot dan mini bus. Satu rombongan biasanya terdiri atas 20-50 orang dari kecamatan mojogedang mendaftar KTP. Mereka dating mengunakan truk kta sucahyo.

Para pendaftar itu adalah warga yang pada sing hari disibukkan dengan kerjaan dan sebelum sempat mengurus KTP. Menurut Sucahyo, disdukcapil sebenarnya bersedia melayani pembuatan KTP pada malam hari sesuai harapan bupati Rina iriyani SR. Namun pihaknya juga reakistis tenaga yang dimiliki tidak banyak. Layananan tersebut dijalankan oleh setidaknya lima petugas. Sementara peralatan belum ada penambahan. Kasihan pegawai saya, sejak pagi sudah bekerja dan sore harinya harus melayani pendaftaran KTP hingga malam hari. Paginya mereka juga harus kembali bekaerja.