Hujan Lebat, Pohon Menimpa Mobil

Hujan deras yang mengguyur sejak siang hari Minggu (15/1) kemarin membuat sejumlah lokasi dilanda banjir. Di wilayah Kalijambe, ruas jalur Solo-Purwodadi tepatnya di wilayah Banaran, tergenang hingga ketinggian 10 sentimeter.

Camat Kalijambe Samsuri mengatakan berdasarkan pantauan Minggu malam, ruas jalan di Banaran memang tergenang. Selain derasnya hujan yang mengguyur, kondisi jalan yang berkontur rendah di lokasi tersebut membuat aliran air mampet dan meluber ke jalan raya. Dampak dari hujan deras juga membuat elevasi Sungai Cemoro di kawasan Bukuran juga kritis dan tinggal beberapa sentimeter di bawah bibir sungai. Sejumlah anak sungai seperti Sungai Mungkung di Sidoharjo, Sungai Garuda di Sragen Kota serta Sungai Grompol di Masaran juga kritis. Namun, pihak kecamatan setempat memastikan belum terjadi luapan air sungai ke permumikan.

Sementara di Karanganyar hujan deras disertai angin Sabtu (14/1) malam mengakibatkan sejumlah pohon di jalan Lingkungan Kayangan, Bejen, Karanganyar Kota bertumbangan. Sebuah  mobil Carry AD 8964 CE yang tengah melintas menjadi salah satu korban setelah tertimpa pohon yang tumbang.

Beruntung tiga orang yang berada di mobil tersebut tidak mengalami luka serius. Dari informasi yang diperoleh Joglosemar, korban Joko Warsito (40) beserta istri Rosadi (40) dan anaknya Hilda (15) hendak menjenguk kerabat yang sedang dirawat di RSU Jenglong Karanganyar. Namun saat melintasi Kayangan tiba-tiba sejumlah pohon jati dan trembesi tumbang ke jalan dan mengenai bagian belakang mobilnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru Kristanto mengungkapkan kendati tertimpa pohon ketiganya tidak mengalami luka yang cukup serius. Namun anak perempuannya sempat syok dan terkulai lemas, pasalnya pohon itu tumbang tepat di atas tempat duduknya di belakang. “Untungnya atap bodi mobil tersebut masih kuat sehingga penumpang tidak terluka,” ujarnya kemarin (15/1). Heru menjelaskan tumbangnya pohon tersebut karena tanah di sekitar tidak mampu menahan beban pohon yang terlalu rimbun dan ditambah kencangnya angin yang berhembus kemarin.