Fly Over Palur Segera Dibangun

Pembangunan jalan layang (fly over) di palang pintu KA Palur bakal segera direalisasikan. Bupati Karanganyar, Rina Iriani mengaku telah mendapat alokasi dana Rp 10 miliar dari APBN untuk pembangunan tahap awal.
“Dana awal itu rencananya untuk membangun fondasi,” tuturnya (8/1).
Bupati menepis anggapan sementara pihak bahwa fly over tersebut sekadar untuk gagah-gagahan. Namun, jalan layang itu untuk mengatasi keruwetan di pertigaan yang mempertemukan arus kendaraan dari Solo, Karanganyar dan Sragen tersebut. “Apalagi seiring dengan terhubungnya tembus Tawangmangu–Magetan,”.
Karena fly over melibatkan kabupaten lain, menurut Bupati, Pemkab Karanganyar akan segera berkoordinasi dengan daerah tetangga, seperti Kabupaten Sukoharjo, termasuk juga Pemprov Jateng dan pusat.
Diakui Bupati, wacana  pembangunan fly over sebenarnya sudah berkembang lama. Data di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkomnfo) Karanganyar tahun 2007, setiap harinya volume kendaraan yang melintasi pertigaan palang pintu Palur sekitar 24. 400 satuan mobil penumpang (SMP) per hari. Sedangkan data terbaru tahun 2012 sudah melonjak jadi 26. 840 SMP per hari.
Kepala Dishubkominfo Karanganyar, Nunung Susanto menjelaskan, setidaknya ada dua indikator persyaratan fly over mendesak dibangun. Yaitu volume kendaraan dan frekuensi perjalanan kereta api.
“Dua indikator itu sudah terpenuhi untuk pembangunan fly over,” ujarnya.
Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karanganyar, Sutarno mengungkapkan rencana pembangunan fly over masih terkendala pembebasan lahan. Terutama, pembebasan tanah milik warga di sisi selatan, yang notabene masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Sumber : http://www.harianjoglosemar.com/berita/surakarta/karanganyar.html