Tahun Baru, Tawangmangu Dipadati Pengunjung

Tawangmangu tampaknya masih menjadi magnet tersendiri bagi warga di seputaran Solo dan sekitarnya untuk merayakan tahun baru, Minggu (1/1). Pasalnya ribuan kendaraan bermotor memadati jalan di sepanjang jalur menuju Tawangmangu sekitar dua kilometer lebih pada Minggu (1/1).
Dari pengamatan di lapangan, kemacetan tersebut terjadi akibat adanya pertemuan arus antara pengguna kendaraan yang hendak turun dan kendaraan menuju Tawangmangu. Kemacetan tersebut terjadi mulai terlihat dari Desa Plumbon, Kali Samin hingga Sumokado yang didominasi dengan kelokan dan tanjakan. “Ini sudah biasa saat tahun baru tiba,” ujar Mulyono (35) salah satu warga Nglebak saat ditemui  di jalur Kali Samin Tawangmangu.
Sementara itu, jalur menuju Tawangmangu dari Matesih pun mengalami hal serupa, kendati tidak seramai jalur Kali Samin namun kondisinya hampir sama yakni ribuan kendaraan bermotor mulai beriringan untuk menuju ke Tawangmangu.
Terpisah, Camat Tawangmangu, Yopi Eko Jatiwibowo memperkirakan ada ribuan wisatawan yang menghabiskan Tahun Baru di Tawangmangu. Selain menikmati udara dingin pegunungan, biasanya wisatawan tersebut juga ingin melihat perayaan tahun baru di Tawangmangu yang biasanya dimeriahkan dengan perayaan pesta kembang api.
Selain akses jalur Tawangmangu yang dipenuhi kendaraan, pemandangan yang sama juga terlihat di jalur Karangpandan – Ngargoyoso yang merupakan akses menuju Candi Sukuh, Candi Cetho, Air Terjun Jumog, Air Terjun Parang Ijo dan sejumlah obyek wisata lainnya.
Selain itu menjelang natal dan pergantian tahun baru kemarin sejumlah hotel, vila dan penginapan penuh oleh para wisatawan yang ingin merayakan pergantian tahun dan liburannya di Tawangmangu.