Hmmm enaknya durian jumbo di Mojogedang

Anda kurang puas hanya dengan satu buah durian ukuran kecil? Sekarang tidak perlu khawatir, pencinta durian bisa menikmati buah durian berukuran ekstra jumbo. Ya, durian jenis montong dan kani yang berasal dari Bangkok, Thailand dengan berukuran 10 kg sampai 15 kg bisa ditemui kebun Ndeso Buah di Tepus, Bulurejo RT 3/ RW XIII Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar.

Rasanya tidak kalah dengan durian lokal Karanganyar. Apalagi semakin maknyus jika memetik langsung dari pohonnya. Di lahan sekitar dua hektare, Ndeso Buah memiliki hampir 100 pohon durian dari berbagai jenis. Namun jenis yang paling mendominasi adalah durian montong dan kani dari Bangkok.

Warga yang datang ke kebun Ndeso Buah dibuat seolah berwisata durian. Durian dengan ukuran tiga bahkan lima kali lipat dari wajah manusia ini bisa ditemui di kebun durian tersebut.

Pelanggan tinggal memilih. Durian montong seharga Rp 24.000/kg dan durian kani Rp 20.000/kg. Pelanggan bisa menikmati buah durian di sana. Tidak sedikit warga melewatkan liburan di kebun Ndeso Buah.

Seperti halnya dilakukan Aris, 34, warga Boyolali yang datang bersama keluarga besarnya ke sana, Senin (26/12/2011). Aris mampir setelah berekreasi ke Grojogan Sewu, Tawangmangu.

“Tadi dari Tawangmangu langsung mampir ke sini. Ya mau beli durian montong yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga.

Hal senada disampaikan Dewi Palupi, 28, warga Colomadu. Dewi akan kembali ke kebun durian itu saat panen, awal Januari nanti. “Harus buat janji dulu. Karena durian yang ada di sini baru panen lagi nanti Januari,” ujarnya.

Dia senang menikmati durian dengan suguhan pemandangan tanaman durian. Bahkan bisa memilih langsung durian dari tanaman tersebut. “Beli satu buah durian saja bisa untuk berlima. Mantap. Pokoknya enak sekali rasanya,” tuturnya.

Pengelola Ndeso Buah, Johan Ariyono, mengatakan pada musim panen kali ini, 99% dari 100 pohon berbuah. Setiap pohon menghasilkan 30-50 buah dengan berat rata-rata 5 kg, bahkan ada yang mencapai 13 kg. Sedangkan durian kani seberat 4-5 kg. “Hampir tiap hari tidak pernah sepi pembeli. Namun biasanya bagi pelanggan lama, kalau datang ke sini selalu telepon dulu. Tanya ada yang matang atau tidak,” ujarnya.

Saat ini Karanganyar mulai mengembangkan durian montong serta kani untuk mewujudkan sentra durian di Indonesia. Durian montong dan kani memiliki keunggulan dibandingkan buah durian lokal, buahnya lebih besar dan berbiji kecil. Pengembangan durian montong ini merupakan terobosan baru untuk memanjakan para pencinta buah durian.