Jelang Natal, Polisi Mulai Sisir Gereja

Antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2012, aparat Kepolisian dari Polres Karanganyar melakukan penyisiran di sejumlah Gereja di Karanganyar, Jumat (23/12) pagi. Dengan mengerahkan 25 personel dari berbagai kesatuan, mereka melakukan penyisiran di segala penjuru dengan menggunakan anjing pelacak dan sejumlah alat seperti metal detector.
Kabag Ops Polres Karanganyar, Kompol IK Budayana mewakili Kapores Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo mengatakan dalam penyisiran kali ini, pihaknya melakukan pengecekan secara menyeluruh mulai dari lingkungan sekitar gereja, halaman, tempat ibadah hingga sudut-sudut ruangan. “Semuanya kita periksa secara mendetail di setiap ruangan baik dalam dan luar tembok gereja,” ujarnya seusai memimpin penyisiran di Gereja St Pius X, Jalan Lawu Karanganyar, Jumat (23/12).
Ia menambahkan, demi kenyamanan dan keamanan dalam perayaan natal nanti, pihak kepolisian melarang seluruh jemaat gereja untuk membawa tas ke dalam gereja. Jika pun masih ada yang membawa, maka tas tersebut wajib dititipkan kepada petugas keamanan di luar. “Jadi tolong buat jemaat membawa barang yang dibutuhkan saja saat melakukan ibadah ke Gereja,” tandas dia.
Pengurus Gereja Katolik St Pius X, Bambang Suyono menyambut baik penyisiran yang dilakukan oleh aparat kepolisian tersebut. Ia mengatakan antisipasi ini merupakan salah satu bentuk upaya agar nantinya perayaan natal berjalan aman. Selain pengamanan dari aparat, dirinya juga mengaku tidak akan menggunakan pengamanan tambahan, mengingat lingkungan sekitar dan pemuda setempat selama ini cukup ramah dengan lingkungan Gereja.