Raskin Ke-13 Siap Digelontorkan

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar menyatakan telah menyiapkan 905.235 kilogram beras untuk rakyat miskin (Raskin) untuk 60.349 KK. Raskin ke-13 tersebut rencananya akan disalurkan pada Rabu-Sabtu (21-24/12) kepada seluruh Rumah Tangga Sasaran (RTS).
Kepala Bagian Perekonomian, Setda Karanganyar, Ambang Wibowo menegaskan, Raskin tersebut mengacu pada Surat Gubernur Jawa Tengah No 511/22174 tangal 14 Desember 2011. Selain menggunakan dasar surat itu, pihaknya juga berpedoman kepada pelaksanaan program Raskin Provinsi Jawa Tengah. Di mana setiap RTS yang tersebar di 17 Kecamatan tersebut akan mendapatkan alokasi Raskin sebanyak 15 kilogram dengan harga Rp 1.600 per kilogram.
“Sebagai persiapan pembagian dan antisipasi penanganan kita telah melakukan sosialisasi kepada Satgas Raskin di seluruh kecamatan,” ucapnya.
Ambang menambahkan Raskin tersebut merupakan tambahan alokasi Raskin dalam satu tahun. Raskin ini ditujukan guna membantu RTS guna menjelang tutup tahun.
“Raskin reguler tersebut disalurkan kepada tiap Kepala Keluarga (KK) dengan berat 15 kilogram per RTS. Namun, pada bulan puasa dan menjelang Lebaran, Pemkab  menyalurkan Raskin dua kali dalam satu bulan, dengan cara memajukan Raskin alokasi Desember mendekati Lebaran, “ jelasnya.
Lebih lanjut, pihaknya mengatakan jika Raskin ke – 13 tersebut awalnya sedikit terganjal karena belum ada izin atau persetujuan dari Gubernur Jawa Tengah hingga awal Desember lalu. “Setelah ada surat Gubernur ini, makanya Raskin akan kita bagikan mulai Rabu besok,” tuturnya.