Januari Puncak Musim Durian

Kendati kerap ditemui, namun puncak musim panen durian di Karanganyar diprediksi akan terjadi pada Januari mendatang. Pasalnya masih banyak pohon durian yang belum berbuah selama ini.
Siti Maesyaroh, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbuthut) Karanganyar, menjelaskan, dari 17 kecamatan yang ada di Karanganyar sekitar enam kecamatan merupakan sentra produksi durian dari berbagai varietas mulai durian Petruk, Sunan hingga durian Montong. Keenam daerah tersebut, Kecamatan Jumantono, Jumapolo, Mojogedang, Jatiyoso, Karangpandan dan Matesih. “Meski keenam daerah tersebut merupakan area produksi durian, tetapi  fokus budi daya durian, lebih dipusatkan di Kecamatan Mojogedang. Untuk musim durian, masih bulan Januari,” kata Siti Maesyaroh kepada Joglosemar kemarin (19/12).
Diakui Siti, tak hanya duriannya saja diminati, tetapi juga pembibitannya. Bahkan dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah juga ikut mengambil bibit durian dari salah satu petani di Kecamatan Matesih untuk dibuat menjadi induk buah durian sehingga bisa dikembangbiakkan.