Wisata Ziarah / Spiritual

Astana Giribangun

Astana Giribangun terletak di desa Girilayu kecamatan Matesih adalah komplek pemakaman mantan presiden RI ke-2 Bapak H.M Soeharto dan Ibu Tien Soeharto, keluarga serta kerabat-kerabatnya. Makam ini terletak di bawah astana Mangadeg. Komplek makam Giribangun di bangun pada than 1974, diresmikan penggunaanya pada tahun 1967.

Astana Mangadeg

Astana  mangadeg  terletak  di  desa  Girilayu  kecamatan  Matesih  merupakan komplekmakam raja-raja dari istana Mangkunegaran, Surakarta. Raja raja Mangkunegaran yang di makamkan di astana Mangadeg adalah Raja Mangkunegaran I (yang terkenal dengan nama Raden Mas Said atau pangeran Sambernyawa yang punya kesaktian luar biasa dan pada masa pemerintahannya sagat gigih melawan penjajah Belanda),  Raja Mangkunegaran II dan Raja Mangkunegaran III serta kerabat-kerabat raja. Tempat ini masih disakralkan terutama oleh masyarakat umum yanng masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Pura Mangkunegaran.

Astana Girilayu

Astana Girilayu berada di desa Girilayu kecamatan Matesih merupakan komplek makam raja-raja dari istana Mangkunegaran, Surakarta. Raja-raja Mangkunegaran yang dimakamkan di astana Girilayu adalah Raja Mangkunegaran IV, Mangkunegaran V, Mangkunegaran VII dan Mangkunegaran VIII serta kerabat-kerabat raja. Pengunjung dapat  berziarah  langsung  ke  makam  raja-raja  ini  dengan  dipandu  oleh  juru  kunci makam. Khusus bagi pengunjung wanita apabila akan melakukan ziarah harus mengenkan kain yang telah disediakan oleh yayasan pengelola astana Girilayu.