Warga Pertanyakan Jalan Tembus

Sejumlah elemen masyarakat baik secara lembaga maupun organisasi meminta agar jalan tembus Karanganyar-Magetan sepanjang 9, 15 kilometer tersebut segera rampung dan bisa dilewati warga.
Salah seorang warga Tawangmangu, Suwarno (40) mengaku kendati jalan lama masih bisa dilalui tapi kondisi jalan berupa tikungan, tanjakan dan turunan tajam masih mendominasi sehingga sedikit menyulitkan warga dan rawan kecelakaan. “Yang di Magetan sudah jadi, kenapa Karanganyar belum jadi,” protes sopir angkutan wisata Tawangmangu – Magetan.
Camat Tawangmangu, Yopi Eko Jatiwibowo mengungkapkan bahwa permintaan dan desakan dari warga tersebut telah disampaikan kepada Pemprov Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat secara sinergi sejak lama. Namun, belum juga ada jawaban.
Jauh sebelum anggota dewan mempertanyakan hal tersebut, pihaknya mengaku telah mengirimkan surat kepada Pemkab Karanganyar guna menanyakan perkembangan proyek jalan tembus yang sudah berlangsung sekitar lima tahun tersebut.
Menurutnya, sejumlah lembaga dan organisasi seperti Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tawangmangu, Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) dan berbagai elemen lainnya juga serupa menyuarakan hal yang sama.
Dengan selesainya proyek jalan tembus, Yopi berharap ekonomi warga sekitar dapat terdongkrak. Seiring meningkatnya wisatawan atau pengendara yang melintas. “Otomatis itu kan bisa meningkatkan perekonomian warga karena ada transaksi dagang,” jelas dia.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar, Didik Joko Bakdono menjelaskan bahwa proyek jalan tembus tersebut masih menyisakan sekitar 2, 3 kilometer dan dua unit jembatan. Pihaknya menegaskan telah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Jateng dan Kementerian Pekerjaan Umum terkait pelaksanaan proyek itu.
Menurut Didik, pengerjaan jalan terus berlanjut dan tidak berhenti seperti yang dipertanyakan sejumlah pihak. Bahkan di tahun 2012 mendatang, dirinya menambahkan sudah ada dana dari Pusat yang mengalokasikan sebesar Rp 15 Miliar guna merampungkan ruas jalan yang belum selesai.
Perlu diketahui, jika proyek jalan tembus  Tawangmangu – Magetan tersebut selesai