Hujan Lebat, 1 Rumah Ambruk Rata dengan Tanah

Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Karanganyar sehari penuh, Sabtu kemarin (3/12) membuat rumah milik seorang janda tua, Ny Sukini (55) di Dukuh Gadon Rejo RT 2 RW XV Desa Gebyok Kecamatan Mojogedang, Karanganyar ambruk rata dengan tanah.
Rumah semi permanen yang terbuat dari anyaman bambu berukuran 10 kali sembilan meter tersebut diduga roboh pada pukul 17.30 WIB karena tidak kuat menahan lebatnya hujan yang terus mengguyur Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya. Kerugian akibat robohnya rumah tersebut ditaksir mencapai belasan juta rupiah.
Salah seorang saksi sekaligus tetangga korban, Supar (43) mengungkapkan bahwa hujan lebat tersebut telah turun sejak pagi. “Persisnya saya tidak paham detailnya, pas melihat keluar rumah ternyata rumah Sutini sudah rata dengan tanah,” ungkapnya  di lokasi kejadian, Minggu (4/12).
Dirinya menambahkan saat hujan lebat yang melanda hampir di seluruh Karesidenan Surakarta tersebut, warga lebih memilih tinggal diam di rumah masing – masing karena tidak bisa melanjutkan aktivitas. “Saya rasa, tidak ada yang melihat langsung kejadian ambruknya rumah itu selain empunya rumah,” tandas dia.
Dalam rumah tersebut selain dihuni oleh Ny Sukini juga dihuni oleh ibu kandungnya, Sukiyem (70) serta neneknya Mariyem (95) yang sempat tertimpa kayu atap yang runtuh.
Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Aji Pratama Heru Kristianto membenarkan kejadian tersebut. Dibantu dengan warga, akhirnya relawan berhasil mengevakuai korban ke tempat yang aman. “Meski rata dengan tanah, tapi semua korban selamat,” kata dia.
Mengenai total kerugian, dirinya menambahkan mencapai sekitar belasan juta rupiah dari taksiran kerusakan seluruh isi bangunan rumah dan perangkat rumah tangga yang turut hancur dalam insiden tersebut.
Dirinya mengimbau kepada warga di Kabupaten Karanganyar untuk senantiasa mewaspadai hujan lebat yang dapat menyebabkan bencana. “Kalau ada gejala atau kejadian bencana, masyarakat bisa melaporkan ke saluran hotline 0271 495997, 0271 3120005 dan 085229614151. 24 jam selalu siaga,” imbuh dia.