Jelang Idul Adha, lalu lintas hewan diawasi

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Karanganyar akan menerjunkan tim untuk memantau lalu lintas hewan ternak kurban menjelang Idul Adha. Tim tersebut antara lain bertugas untuk memeriksa kesehatan ternak yang biasa dijual di pinggir-pinggir jalan. Pemantauan itu bertujuan untuk memastikan hewan ternak dalam kondisi sehat dan tidak cacat, sebelum berada di tangan pembeli.

Kepala Disnakkan Karanganyar, Muhammad Hatta mengatakan, pemantauan antara lain digelar selama enam hari berturut-turut sejak Rabu (26/10)-Kamis (3/11). Beberapa wilayah yang akan disisir yakni sejumlah titik di Kecamatan Colomadu, Jaten, Tasikmadu, Kebakkramat dan Gondangrejo.

“Jangan sampai masuk ternak yang tidak sehat dan terkandung penyakit menular. Yang lebih penting lagi kita waspadai penyakit antraks yang disebabkan karena zoonosis,” ujar Hatta saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/10) siang.

Pemantauan juga dilakukan di pasar hewan yang berada di Pasar Karangpandan setiap Wage dan Pasar Tegalgede setiap Pahing. Saat ini, kata Hatta, sudah ada peningkatan jumlah ternak di Karanganyar. Karena itu, tugas dari tim yakni memastikan kondisi hewan kurban itu sehat, sebelum dikonsumsi. “Satu tim terdapat satu dokter hewan,” katanya.