Mahasiswa Jepang Kunjungi Karanganyar

Puluhan mahasiswa Shizouka Jepang kunjungi Karanganyar, Senin (17/10). Direktur Organization for Industrial Spiritual and Cultural Advancement (OISCA) Karanganyar, Mulyono Herlambang menjelaskan bahwa selain melakukan penanaman pohon di Desa Segoro Gunung, mahasiswa asal negeri matahari tersebut juga akan belajar menjadi orang pegunungan dengan menginap di rumah-rumah penduduk sekitar.
“Malamnya menginap di rumah warga, paginya  melakukan penanam pohon di sana,” ujarnya di saat mendampingi para mahasiswa tersebut diterima oleh Bupati Karanganyar di Rumah Dinas Bupati. Dalam sambutannya, Bupati Karanganyar, Rina Iriani menyatakan bahwa selama ini Lereng Gunung Lawu tersebut merupakan Genthong air di Bumi Intanpari. Maksudnya lereng Gunung Lawu tersebut merupakan salah satu daerah resapan air di Karanganyar yang salah satunya digunakan untuk irigasi lahan pertanian. “Menanam pohon itu merupakan salah satu cara untuk menjaga ketersediaan air, kami akan dukung gerakan penanam pohon itu,” katanya.
Selain itu, ditambahkan Rina kunjungan mahasiswa tersebut intinya merupakan balasan dari kunjungannya ke Jepang beberapa waktu lalu. “Saya berharap, nanti adik-adik sekalian dan pimpinan rombongan agar melaporkan apa adanya kepada Bupati mengenai kondisi Karanganyar, katakan baik jika itu baik atau katakan buruk jika itu memang buruk,” a.
Sebelum diterima oleh Bupati Karanganyar, mahasiswa tersebut didampingi oleh salah satu LSM dari Jepang disuguhi dengan makanan khas dari Karanganyar dan suguhan musik lesung dan tari-tarian hasil kreasi Bupati Karanganyar.