Karanganyar Layani Pembuatan KTP Malam Hari

Kabupaten Karanganyar luncurkan pelayanan pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada malam hari untuk memfasilitasi warga yang kesulitan mengurus KTP pada malam hari. Peluncuran pelayanan pengurusan KTP siang hari ini resmi dibuka mulai Sabtu (15/10).
“Sebelumnya, pelayanan KTP malam hari tersebut juga sudah kita uji cobakan, dan ternyata respons masyarakat juga lumayan besar, karena setiap harinya bisa mencapai antara 75 hingga 90 itu berarti pelayanan KTP malam hari disambut dengan baik oleh masyarakat,” ungkap Bupati Karanganyar, Rina Iriani.
Pembuatan KTP malam hari ini sebagai alternatif untuk memudahkan masyarakat Karanganyar yang tidak memiliki waktu mengurus KTP-nya di siang hari karena berbagai aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan.“Kalau buruh dan karyawan, pasti terbatas sekali untuk dapat mengurus KTP di siang hari, kalau malam mungkin banyak yang longgar, makanya kita buka pelayanan KTP malam ini,” jelas dia.
Ia berharap dengan program ini  wajib KTP di Karanganyar bisa terwujud tahun depan. “Karena nantinya KTP ini akan digunakan sebagai database dalam pelaksanaan Pilkada, Pilgub atau Pilpres, sehingga tidak ada lagi KTP ganda,” pungkasnya.
Mengenai armada yang digunakan Rina berjanji akan terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada guna memaksimalkan pelayanan KTP tersebut. “Saat ini memang hanya ada tiga mobil, tahun depan akan kita tambah lagi dengan jenis mobil yang berbeda sehingga kalau hujan pelayanan tetap jalan di dalam mobil,”.
Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar, Sucahyo menyatakan pelayanan pembuatan KTP malam hari tersebut baru dilayani di satu tempat yakni di depan Rumah Dinas Bupati. “Kalau armada sudah bertambah kemungkinan akan kita buka di tempat lain, dan selain KTP juga bisa mengurus akta kelahiran,”.