PEMERINTAH KABUPATEN
KARANGANYAR

Tiga titik jalur transportasi di Karanganyar disurvei

Tiga titik jalur transportasi di Kabupaten Karanganyar akan disurvei pada Kamis-Minggu (13-16/10/2011). Ketiga titik itu adalah Pos Kebakkramat, Pos Gondangrejo dan Pos Cemara Sewu.

Ilustrasi
Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar, Nunung Susanto SH MM, pada acara Pelatihan Petugas dan Surveyor pada pelaksanaan Survey Asal Tujuan Nasional tahun 2011 Kabupaten Karanganyar, di Aula Dishubkominfo, Jl Nyi Ageng Karang No 1 Karanganyar, Rabu (12/10/2011).

“Untuk transportasi jalan dilakukan pada lokasi survei sisi jalan, jalan tol, terminal bus dan jembatan timbang. Dan di Kabupaten Karanganyar khusus survei yang dilakukan di sisi jalan. Ada tiga titik survei yakni di Pos Kebakkramat, Pos Gondangrejo dan Pos Cemara Sewu,” terang Nunung pada sambutannya.

Menurut Nunung, kecelakaan atau musibah terkait transportasi terjadi hampir setiap hari, baik di darat, di laut, dan di udara, pada semua jenis dan moda transportasi. Rentang penyebab kecelakaan begitu kompleks dari kesalahan manajemen, kesalahan regulasi, masalah kelayakan sarana dan prasarana, kondisi alam, cuaca dan iklim, hingga masalah kesalahan manusia. Pendeknya dunia transportasi yang sudah menjadi kebutuhan dasar dari masyarakat sedang mendapat tantangan berat. Maka dari itu, imbuhnya, perbaikan sistem dan manajemen transportasi amat penting dan mendesak karena menyangkut faktor keselamatan manusia.

“Data–data yang akurat dan informasi yang shahih amat penting dalam rangka untuk menjawab persoalan masalah transportasi di masa sekarang maupun untuk proyeksi di masa mendatang. Inilah kiranya relevansi diadakannya Survei Asal Tujuan Transportasi Nasional (ATTN) 2011 yang praktek operasionalnya adalah memotret pergerakan kendaraan, penumpang, dan barang pada periode waktu tertentu secara serentak di seluruh kabupaten di Indonesia,” .

Pada kesempatan yang sama Ketua Tim Pelatihan Petugas dan Surveyor pada pelaksanaan Survey Asal Tujuan Nasional tahun 2011 Kabupaten Karanganyar, Drs Agam Bintoro menyampaikan peserta pelatihan terdiri dari petugas dari lingkungan Dishubkominfo sebanyak 24 orang dan surveyor sebanyak 48 orang yang direkrut dari Perguruan tinggi dan karangtaruna setempat. Rabu kemarin, ada sekitar 90-an orang yang hadir karena menghadirkan jajaran Polres Karanganyar.

“Dalam pelatihan ini kami juga menghadirkan rekan–rekan jajaran Polres Karanganyar dengan maksud sekaligus memanfaatkan forum ini untuk melaksanakan koordinasi guna kelancaran pelaksanaan survei,” tambah Agam. Dia mengemukakan pada pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari staf Dihubkominfo yang telah dilatih di tingkat Provinsi Jateng yaitu Angga Putra Belawan SsiT dan Ardiansyah Dwianico Nugroho Amd.

Bagi & Ikuti

Meta

Ditulis pada oleh Dodik dalam kategori Layanan Masyarakat dan tag , , , , . Klik untuk Bookmark.

Terkait