Poktan Wana Tirta panen 6 ton bawang putih

Puluhan petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Wana Tirta Dusun Babar, Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Karanganyar memanen bawang putih, Kamis (29/9/2011).

Bawang putih yang ditanam warga itu awalnya merupakan bantuan pengembangan sayuran dari pemerintah pusat senilai Rp 40 juta dan dana swadaya Rp 10 juta.Ketua Poktan Wana Tirta, Sumadi mengatakan, hanya dalam jangka waktu 110 hari, para petani berhasil mengolah lahan seluas satu hektar dengan hasil produksi sebanyak 6,016 ton. Dengan asumsi harga jual bawang putih seakrang senilai Rp 12.500/kilogram, maka total hasilnya diperkirakan mencapai Rp 75 juta lebih. “Dari total itu, maka keuntungan yang berhasil diperoleh petani mencapai Rp 25 juta lebih dalam 3,5 bulan,” ujar Sumadi saat ditemui wartawan saat panen raya bawang, Kamis (29/9/2011).

Meskipun saat ini harga bawang putih di pasaran fluktuatif, hal itu dinilainya menjadi satu hal yang biasa. Pihaknya optimistis bisa mempertahankan kondisi tersebut hingga masa-masa panen selanjutnya. Sebetulnya, ungkap Sumadi, masyarakat di Dusun Babar banyak yang menanam bawang. Namun karena harga bawang yang anjlok, maka para petani itu lebih banyak memilih jenis sayur lain seperti kentang, wortel, kobis dan sayuran lainnya. “Tapi akhir-akhir ini banyak petani yang minat kembali untuk menanam bawang,” katanya.