BKD Tetap Ajukan Dana Rekrutmen CPNS 2011

Dengan dalih banyaknya PNS yang akan memasuki usia pensiun beberapa bulan ke depan dan permintaan pengajuan permohonan pegawai baru di sejumlah Dinas, BKD Karanganyar tetap akan mengajukan dana rekrutmen CPNS 2011 ke Dewan.
Demikian diungkapkan oleh Suwarno, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karanganyar saat dihubungi, Selasa (27/9). Menurutnya dalam tiga bulan ke depan, paling tidak ada 100 pegawai yang akan terkena purnatugas atau pensiun. Sementara selama kurun Januari hingga April 2012 atau sekarang dalam tahap proses pensiun yakni sekitar 108 orang. “Prioritas rekrutmen nantinya, yakni formasi tenaga kesehatan, guru, dan teknis. Kalau diperkenankan kami meminta 300 formasi CPNS,” ujar dia.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Rohadi saat ditemui wartawan di Kompleks Gedung DPRD Karanganyar, Selasa (27/9) menegaskan kalau pun nantinya pemerintah akan mengajukan anggaran untuk melakukan rekrutmen CPNS, pihaknya tetap akan menolak pengajuan tersebut. Alasannya, beban APBD untuk menggaji pegawai sudah tinggi, “Di samping itu jumlah pegawai di lingkungan Pemkab sekarang ini masih banyak yakni sekitar 12.000 orang lebih,” kata dia.
Rohadi juga menambahkan bahwa dalam rancangan APBD perubahan 2011, pos belanja langsung pegawai negeri menyedot dana Rp 691,629 miliar, lalu belanja tidak langsung pegawai  mencapai Rp 40,763 miliar. Secara umum postur RAPBD Perubahan 2011 yakni pendapatan Rp 991,439 miliar dan belanja Rp 1,049 triliun, sehingga masih defisit Rp 58,394 miliar. ‘’69,7 persen APBD telah tersedot untuk pegawai, jadi tidak perlu ada rekrutmen CPNS lagi,’’ ujar salah satu politikus PKS di bumi Intanpari ini.
Rohadi mengatakan bahwa Anggaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2011 belum masuk dalam Rancangan APBD Perubahan 2011. Sedangkan APBD Perubahan 2011 sendiri sekarang ini masih dalam tahap pembahasan di tingkat Kebijakan Umum Anggaran-Platform Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD. ‘’Di KUA-PPAS kami tak melihat adanya pengajuan dana rekrutmen CPNS, sehingga saya perkirakan pada 2011 ini tak ada rekrutmen CPNS,’’ imbuh dia.