DKK Tingkatkan Pencegahan Penyebaran Cacar Air

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar terus meningkatkan pengawasan di sejumlah daerah yang menjadi endemi cacar air (Varicella). Melihat tingginya mobilitas di daerah endemi, DKK memprediksi virus yang dibawa oleh Varicella Zoster ini dapat menyerang daerah lain dengan cepat.
“Kami masih melakukan pemantauan terhadap penderita cacar air yang ada di Matesih, selain itu kami juga mengimbau kepada warga agar penderita untuk sementara diisolasi dulu hingga penyakitnya sembuh,” papar Kepala DKK Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo kepada wartawan kemarin. Langkah ini adalah untuk menekan meluasnya penyakit cacar air.
Selain melakukan isolasi, pihaknya juga akan terus melakukan pengobatan kepada para penderita. Seperti pengobatan gratis yang sempat dilakukan pada Jumat (9/9) lalu. “Kami juga mengimbau kepada seluruh warga agar selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” tambahnya.
Dilihat dari tingginya mobilitas warga di wilayah yang masuk dalam endemi cacar air hal itu sangat dimungkinkan. “Untuk saat ini jumlah penderita belum bertambah, tetapi ada kemungkinan jika cacar air ini dapat terus berkembang, mengingat mobilitas warga Matesih sangat tinggi,” jelas Cucuk.
Dari data yang dimiliki DKK, Sabtu (10/9) ada 10 warga Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono yang juga terjangkit penyakit cacar air. Tetapi, Cucuk tidak dapat memastikan apakah, kondisi itu disebabkan atau dibawa oleh warga Matesih yang kebetulan mendatangi desa tersebut.

Sumber : http://www.harianjoglosemar.com/berita/dkk-tingkatkan-pencegahan-penyebaran-cacar-air-53874.html