Serangan Cacar Air Meluas

Serangan penyakit cacar air di Desa Koripan, Matesih semakin meluas. Dasi hasil penelitian dan investigasi yang dilakukan oleh petugas dari Puskesmas setempat diketahui serangan yang disebabkan oleh Virus Varicella Zoster (VZV) juga menyerang orang dewasa.
Peningkatan jumlah penderita cacar air seperti terlihat di Wilayah Banjarsari, Koripan. Bahkan dalam satu keluarga terdapat dua penderita cacar air seperti yang menimpa keluarga Gimin warga RT 3 RW VI, Dusun Banjarsari. Dua anaknya yakni Valensia (3) dan Atia (1) terkena cacar air. Meski dianggap penyebarannya sangat cepat, tetapi petugas belum berani menyimpulkan penyebab pasti cacar air itu.
“Untuk penyebab pastinya kami belum bisa menyimpulkannya, tetapi penyebaran penyakit tersebut bisa dari teman sekolah, tetangga atau kerabat lainnya,” jelas Suharto salah satu petugas dari Puskesmas Matesih yang melakukan investigasi, kemarin. Selain menyerang dua anggota keluarga Gimin, cacar air juga menyerang sejumlah tetangga Gimin. Seperti Lidya Pratiwi (14), Restu Hidayanto (11), serta Haryo Adibrata (13).
Investigasi dilakukan dengan cara melakukan pendataan terhadap sejumlah penderita cacar air. Para petugas langsung mendatangi para penderita di rumah masing-masing. Petugas meminta keterangan, terkait gejala yang dialami korban. “Hasil investigasi dan pencatatan data ini nantinya akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) untuk kemudian dilakukan analisis terkait kejadian ini.
Selain di Dusun Banjarsari, investigasi juga dilakukan di Dusun Gunung Wijil, Kayu Lemah, Bolotan, Krajan, Koripan, serta Mendalan. Langkah ini untuk memastikan penyebab dan cara penyebaran virus tersebut. Merebaknya cacar air ini kali pertama menyerang puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Koripan, Matesih, kemarin.
Guna menghindari meluasnya penyakit tersebut, pihak sekolah memulangkan para siswa yang terjangkit cacar air untuk pemulihan di rumah.