Pekerjaan Sekda Diampu Asisten

Sambil menunggu terpilihnya Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda), kinerja Sekda diampu oleh tiga asisten di bawah Sekda. Menurut Bupati Karanganyar Rina Iriani, untuk sementara tidak ada kepentingan yang harus dilakukan langsung oleh Sekda Karanganyar.
“Sebelum adanya Plt, pekerjaan Sekda terkait surat-surat yang datang ke Pemkab Karanganyar ditangani langsung oleh asisten terkait. Kan di bawah Sekda ada tiga asisten, jadi untuk sementara tugas-tugas Sekda diampu langsung oleh mereka,” papar Rina kemarin. Kekosongan jabatan Sekda, sementara ini tidak banyak mempengaruhi laju pemerintahan Pemkab Karanganyar.
Hal ini karena, saat ini belum ada kegiatan yang membutuhkan tanda tangan atau persetujuan langsung oleh Sekda. Sehingga pekerjaan tersebut masih bisa diwakilkan, bahkan bisa diampu oleh Bupati sendiri. Meski demikian, Rina tetap berharap Plt Sekda dapat segera terpilih sehingga dapat membantu dirinya dalam mengatur pemerintahan.
“Untuk saat ini masih bisa dilakukan, tetapi saya berharap Minggu ini  Plt sudah ada,” tandasnya.
Beberapa waktu lalu Bupati sudah mengajukan tiga nama pejabat eselon II sebagai Plt Sekda ke Gubernur Jawa Tengah. Tetapi saat ditanya ketiga nama calon Plt tersebut, Rina memilih bungkam dan tetap merahasiakannya hingga terpilih nanti. “Ya pokoknya pejabat yang kami ajukan ini adalah eselon II semua, nanti lihat saja saat sudah terpilih,” kilah Rina.
Pengajuan ketiga nama ke Gubernur ini, ditujukan Rina untuk tetap menjaga kondusif dalam pemerintahannya. Rina tidak ingin, jika pemilihan Plt nantinya justru menimbulkan permasalahan di lingkup Pemkab Karanganyar. Untuk itu, dirinya pun mengkonsultasikan hal ini kepada Gubernur Jawa Tengah, dengan mangajukan tiga nama pejabat pilihannya.