Diperketat, pengamanan bank dan objek wisata

Sejumlah bank, toko emas dan pusat perbelanjaan akan dijaga oleh petugas dari Polres Karanganyar selama libur Lebaran 2011 ini. Pasalnya, di lokasi-lokasi tersebut rawan terjadi kejahatan kriminal.

Kapolres Karanganyar, AKBP Edi Suroso mengatakan pihaknya memperkirakan menjelang Lebaran ini, sejumlah pusat perbelanjaan dan bank, rawan kejahatan. Karena itu, Polres menempatkan beberapa patugas di lokasi tersebut.

“Untuk bank, pusat perbelanjaan dan toko emas akan mendapat penjagaan dari polisi yang bersenjata lengkap. Hal itu penting dilakukan untuk mencegah aksi kejahatan,” ungkap Kapolres kepada wartawan, Kamis (25/8/2011) siang.

Selain petugas berseragam dengan senjata lengkap, imbuh Edi, di sana juga akan ada polisi yang berpakaian preman. Petugas itu antara lain akan memantau secara bergiliran di lokasi vital itu. Satuan Reskrim dan intelejen juga akan dilibatkan di beberapa pusat keramaian, seperti pasar maupun pusat perbelanjaan.

Di sisi lain, lanjut Kapolres, petugas juga akan menyisir ke beberapa area perumahan yang ditinggal mudik pemiliknya. Pemantauan dilakukan terutama di kawasan perumahan yang kosong. Sebelum meninggalkan rumah, Edi berpesan agar setiap warga untuk tidak lupa mengamankan rumah dan barang-barang berharga di dalamnya.

“Jangan lupa pintu, jendela dan gerbang rumah untuk dikunci. Kompor di rumah juga dipastikan harus sudah mati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran,” katanya.