Libur Lebaran sekolah dimulai besok

Siswa SD, SMP, SMA/SMK di Kabupaten Karanganyar akan mulai libur pada Rabu (24/8/2011).Libur Lebaran 2011 itu berakhir pada Senin (5/9/2011) mendatang. Para siswa dan guru mulai aktif dalam kegiatan belajar mengajar pada Selasa (6/9/2011).

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar, Nur Halimah, mengatakan, libur selama 13 hari khusus Lebaran itu mengacu pada kalender pendidikan yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jateng.

“Kami tinggal menyesuaikan, karena aturan libur Lebaran itu yang bikin provinsi,” ungkap Nur Halimah, Senin (22/8/2011).

Sementara itu terkait dengan berbagai tugas para siswa saat liburan, lanjut Halimah, diserahkan ke sekolah masing-masing. Beberapa sekolah di Karanganyar, kata dia, saat Ramadan menggelar program tahunan seperti pesantren kilat. Sebisa mungkin, kegiatan tersebut sudah selesai sebelum masuk liburan.

Beberapa siswa di Karanganyar, lanjut Halimah, saat liburan ada juga yang tidak libur. Tapi beberapa siswa tersebut terlibat aktif dalam pengamanan Lebaran. “Mereka itu biasanya yang aktif dalam kegiatan Pramuka. Di saat yang lain libur, mereka membantu pengamanan di jalan. Tapi tidak semua siswa sekolah ikut kegiatan itu. Hanya para siswa yang kebetulan aktif di Pramuka maupun Palang Merah Remaja (PMR),” jelas Halimah.

Kebijakan pelibatan anak sekolah untuk aktif di kegiatan tersebut, sepenuhnya dari sekolah dan induk organisasi yang menaunginya. Sedangkan Disdikpora tidak terlibat secara langsung di dalam pengamanan mudik Lebaran.